Matras Sport Bentuk Puzzle nan Unik

Matras Puzzle merupakan salah satu perlengkapan beladiri yang umumnya dipakai di gelanggang pertandingan seperti pencak silat, karate, taekwondo, kempo dan sebagainya. Matras ini memiliki panjang dan lebar 1m x 1m dan tebal 3 macam, yaitu tebal 2cm, tebal 2,5cm, tebal 3cm

Bentuk dan ukuran matras ini telah menjadi standart IPSI, FORKI dan sebagainya. Matras ini digunakan ketika berolahraga maupun saat pertandingan beladiri karate, silat, taekwondo, judo maupun seni beladiri  lainnya. Matras karate ataupun matras silat digunakan sebagai pengaman bagi para atlit dari cedera yang lebih parah di sebabkan pertandingan

Spesifikasi Matras Puzzle

matras puzzle

Sekarang ini banyak sekali toko perlengkapan olahraga menyediakan matras untuk keperluan beladiri, diantaranya matras karate, silat, judo, taekwondo, dan jujitsu matras ini berupa matras berbentuk  puzzle warna-warni. Matras sport bentuk puzzle sangat cocok digunakan untuk alas berbagai olahraga beladiri, senam lantai, senam ibu hamil, alas bermain anak (playground) dan semacamnya.

Spesifikasi matras untuk olahraga sebenarnya sangatlah beragam, sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan. Matras untuk olahraga jenis beladiri misalnya, biasanya berukuran lebih panjang dan lebih luas jika dibandingkan matras untuk olahraga senam dan latihan pernapasan.

Matras untuk olahraga beladiri sendiri merupakan item yang wajib digunakan, baik sebagai sarana latihan maupun dalam hal pertandingan, sebagai tindakan preventif guna meredam gerakan dan berat badan ketika atlet terbanting atau terjatuh ke lantai dalam kecepatan tinggi.

Matras merupakan salah satu komponen penting yang wajib ada dalam praktek beladiri. Matras itu sendiri berguna untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan. Biasanya, olahraga ini dilakukan di gedung ataupun tempat yang lapang. Karena tidak semua orang memiliki ketahanan fisik yang berbeda, maka antispasi keselamatan tentu harus di prioritaskan.

Matras ini memang kerap digunakan untuk olahraga beladiri. Sehingga kali ini yang akan dibahas ialah spesifikasi matras puzzle untuk beladiri. Berikut adalah spesifikasi matras bentuk puzzle untuk beladiri:

  1. Matras ini terbuat dari bahan Eva Spon density tinggi dan permukaan bermotif.
  2. Ukuran matras eva spon 1 meter x 1 meter.
  3. Ukuran lapangan adalah 10 meter x 10 meter (100 buah matras).
  4. Terdiri dari warna Biru 64 buah dan Merah 36 buah.
  5. Tersedia dengan ketebalan 25 mm (KT-25) dan 30 mm (KT-30).
  6. Sistem pemasangan interlocking atau puzzle.
  7. Sesuai standar pertandingan (WKF).

 

Tentang Matras Puzzle untuk Olahraga

Jika Anda melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia, matras sebagai kata benda bisq diartikan sebagai tabung gelas kimia dengan ujung yang sebelah tertutup, bentuk bulat, dan memiliki leher panjang.

Namun di samping itu, matras sebagai kata benda dapat diartikan pula sebagai kasur tebal dan padat yang diisi dengan kapuk (sabut kelapa dan sebagainya) untuk alas tempat tidur, bolsak, atau kasur karet busa.

Matras ini sering digunakan sebagai alas tidur untuk camping (sebagai pengganti kasur). Matras untuk keperluan alas tidur ketika berkemah umumnya dilengkapi pula dengan bantalan sehingga tidur tetap terasa nyaman meski hanya beralaskan tanah di alam terbuka.

Selain itu, matras untuk camping juga memiliki bentuk yang lebih sederhana, yakni berupa lembaran karet tebal sehingga lebih mudah dikemas, ringan dam ringkas. Inovasi ini akan memudahkan  sebab tidak akan menjadi beban bagi para pendaki gunung ketika harus menempuh perjalanan dengan rute terjal.

Seiring dengan berkalannya waktu, penggunaan matras mulai meluas dari sekadar alas tidur menjadi sarana latihan dan pertandingan beberapa cabang olahraga yang memungkinkan terjadinya kontak fisik  atlet dengan lantai.

Beberapa cabang olahraga yang mengharuskan penggunaan matras ialah cabang olahraga beladiri yang diperbolehkan untuk menjatuhkan lawan menggunakan kaki atau dengan kata lain membanting lawan ke lantai, seperti beladiri karate, pencak silat, gulat, aikido, taekwondo, dan judo.

Selain itu, matras sering pula digunakan untuk cabang olahraga senam yang memungkinkan atlet lebih sering berinteraksi dengan lantai, seperti senam lantai, senam ibu hamil, senam ritmik, hingga olahraga latihan konsentrasi seperti pilates dan yoga. Ada pula jenis matras yang secara khusus digunakan sebagai alas pendaratan olahraga seperti lompat tinggi.

Dalam penerapannya untuk keperluan olahraga, matras secara umum memiliki tujuan utama sebagai alat yang dapat mengurangi risiko cedera pada tubuh atlet, sebab terbanting ke lantai tanpa alas bisa saja menyebabkan luka gores hingga luka lebam, bahkan cedera pada persendian hingga patah tulang.

Matras pun berfungsi untuk meredam gaya banting sehingga benturan keras tubuh dengan lantai dapat dihindari. Memang benar, matras bukanlah jaminan bahwa seorang atlet tidak akan mengalami cedera selama pertandingan.

Sebab timbulnya cedera bisa karena berbagai faktor. Akan tetapi, penggunaan matras sebagai alas pertandingan setidaknya dapat mengurangi risiko cedera hingga 90%, sehingga keamanan dan keselamatan atlet bisa lebih terjaga.

Matras Puzzle untuk Olahraga Karate

Khusus matras untuk olahraga beladiri karate, umumnya matras yang digunakan terbuat dari bahan karet sintetis dan berbentuk puzzle. Tujuannya tak lain agar mudah dibongkar dan dipasang kembal. Selain untuk memudahkan perawatannya serta penyimpanan.

Ketika puzzle telah dipasang, matras untuk karate ini biasanya memiliki ukuran 8 m x 8 m, dengan tambahan satu meter berkeliling, sehingga total keseluruhan berukuran rata-rata ialah 10 m x 10 m. Matras untuk karate ini tidaklah memerlukan garis lingkar seperti halnya yang biasa terdapat pada matras untuk beladiri pencak silat.

Pada olahraga karate, matras umumnya diproduksi dalam warna merah atau biru, dengan tambahan satu meter yang biasanya dipoles dengan warna putih. Fungsi dari tambahan berwarna putih pada matras ini adalah sebagai batas lapangan, pertanda jika atlet telah keluar lapangan tetapi tidak terpeleset langsung ke lantai karena perbedaan ketinggian.

Untuk olahraga beladiri, matras yang digunakan pada cabang karate biadanya memiliki banyak kemiripan dengan matras yang dipakai dalam cabang taekwondo, yaitu didominasi warna merah dan biru, serta tidak mengaplilasikan garis lingkar seperti matras seperti pada cabang beladiri pencak silat.

Sementara, matras untuk beladiri cabang judo biasanya menggunakan bahan busa atau serat kelapa yang dipadukan dengan batang pohon sejenis alang-alang.

Matras karate yang dijual di Indonesia umumnya terbuat dari bahan eva spon dengan ukuran 1 meter x 1 meter. Ukuran matras karate satu lapangan yaitu 10 meter x 10 meter, dengan beberapa variasi ketebalan, mulai dua sentimeter, dua setengah sentimeter, hingga tiga sentimeter. Matras ini pun terdiri dari berbagai warna, mulai merah, biru, hijau, kuning, hingga custom, dengan sistem pemasangan puzzle.

Busa ini hadir dalam bentuk seperti ubin rangkai. Eva matt ini umumnys terbuat dari Vinyl Asetat (EVA) busa dengan kepadatan Ethylene yang tinggi. Eva foam merupakan bahan yang paling umum ditemukan dalam perangkat flotasi, menangani grip, mainan anak-anak, sandal jepit dan sebagainya. Eva matt ini pun juga memang sering digunakan sebagai bahan matras beladiri, yoga dan olah raga gymnastic.

Leave a Reply

Matras Taekwondo Murah
Send via WhatsApp